Ini di Kisah Anak SMK yang Magang di Studio Pelangi Semarang

image

Semarang - Studio Pelangi semakin ramai diserbu SMK di Jateng untuk Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) SMK, kegiatan sekolah yang biasa disebut magang ini, mewajibkan siswa terutama SMK untuk mencari tempat mereka melakukan praktek masuk ke dunia kerja atau industri, karena memang ini menjadi salah satu tujuan dari SMK untuk membentuk alumnus yang sia[p terjun ke dunia kerja dengan segenap kematangan skill.

Nah, ini dia artikel pengalam langsung yang dibuat oleh anak-anak SMK Annuroniyah, yang satu ini artikel buatan Amelia Purnamasari:

1. Video Shoting.

Yang saya ketahui tentang video shoting tidak begitu banyak sih.. hehe

Hanya cuma ngerti kalau lagi mau shooting mesti selalu melakukan persiapan, yaitu :

  • Setidaknya 1 baterai cadangan yang terisi penuh.
  • Sekurang-kurang nya 2 kaset video untuk merekam
  • Pembersih lensa
  • Sebuah tripod, walaupun mungkin nanti nya tidak di butuhkan sih.
  • Charger baterai
  • Kabel power
  • Pelindung kabel bisa lakban atau sejenisnya untuk melindungi kabel dari injakan manusia/orang2 dan juga barang.
  • Dan asesoris lainnya.

2. Fotografi

Fotogrfi adalah proses pembuatan lukisan dengn menggunakan media cahaya.

 Bisa juga sih di artikan proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera.

3. Magang.

Magang  itu dilaksanakan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dengan cara ikut bekerja sehari-hari pada suatu instansi atau peruahaan baik pemerintah maupun swasta. Secara khusus tujuan magang adalah:

  • Meningkatkan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki.
  • Meningkatan pengetahuan dalam kerja baik dalam hal keilmuan maupun pengalaman kerja.
  • Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan kalangan masyarakat di perusahaan.
  • Memacu motivasi mahasiswa yang berminat menjadi calon tenaga kerja yang handal dan siap kerja.
  • Membuka peluang untuk memperoleh pengalaman praktis dalam kerja bagi mahasiswa.
  • Menciptakan kerja sama antara perguruan tinggi dan dunia usaha dan industri.

Magang itu banyak sih manfaat nya, ya bertujuan yang kaya di atas itu.. 

Kami bertiga Magang di Studio Pelangi.

Saya Amelia Purnama Sari , Rosatul Aminah, dan 1 lagi Moh.Rifa’i. Kita Magang di sini 3bulan..

Seneng bisa magang di Studio Pelangi ini, Jadi tambah pengetahuan, terus bisa berkomunikasi yang baik. Enak dech bos2 nya baik2 banget, Ada Mas Eko, Mas.Raka, dan Mas Aan, semuanya yang membimbing kita magang di Studio Pelangi. Selalu sabar banget sama kita untuk membimbingnya. Tapi waktu 3 bulan terlalu lama, jadi kangen sama masa di sekolah, tapi yach gapapa sih’ .. saya bikin santai dan happy aja. Yang saya sedih dibulan Ramadhan ini gak bisa kumpul sama keluarga. Tapi saya masih magang gitu,, Pengalaman yang tak bisa di lupakan ya saat2 magang gini. Belajar mandiri, tambah banyak  ilmu dari Studio Pelangi.

4. SMK

Yang saya tau sih ini aja tentang SMK dan tujuan nya..

SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan adalah Suatu sekolah kejuruan yang memproritaskan bidang keahlian dimana murid atau siswa/siswinya mempelajari bidang yang mereka piih dan mereka di beri arahan.

Tujuan SMK:

Tujuan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) itu menurut saya bertujuan untuk menyiapkan siswa/tamatan sebagai berikut:

  • Memasukii lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional
  • Mampu memilih karer gitu deh, terus juga mampu memngembangkan dir sendiri.
  • Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengatasi kebutuhan usaha dan industri pada sat ini maupun massa yang akan datang.
  • Menjadi warga negara yang baikdan keatif

5. PRAKERIN

PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi habus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.

Tujuan diadakannya PRAKERIN adalah :

  1. Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah;
  2. Membentuk pola pikir yang konstruktif pola pikir bagi siswa-siswi PRAKERIN;
  3. Melatih siswa untuk berkomunikasi/ berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya;
  4. Membentuk Etos kerja yang baik bagi siswa-siswi PRAKERIN;
  5. Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa-siswi PRAKERIN sesuai bidang masing-masing;
  6. Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di Implementasikan dalam kehidupan sehari-hari;
  7. Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.

Kewajiban Siswa ditempat PRAKERIN adalah :

  • Melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah disepakati;
  • Mematuhi setiap Instruksi ditempat kerja;
  • Melaksanakan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja);
  • Menjaga nama baik Lembaga Pendidikan (Almamater), Dunia Usaha dan Dunia Industri;
  • Melakukan Observasi dan Penelitian yang mempunyai tujuan Positif;
  • Bertanya kepada pihak yang berkompten apabila kurang paham/ dimengerti.

6. PKL

PKL itu Praktek Kerja Lapangan yaitu Salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di seolah dengan perusahaan keahlian yang diperoleh mellui kegiatan 

Kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapa tingkat keahlan tertentu.

7. Editing Video

Editing adalah proses menggerakan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk di lihat. Seperti:

  • Menata, menanmbahkan atau memindahkan klip video atau klio audio.
  • Menerapkan colour correction, filter dan peningkatan yang lain.
  • Membuat transisi antara klip 

Tujuan editing:

Ada banyak alasan kita melakukan pengeditan dan pendekatan editing sangat bergantung dari hasil yang kita inginkan. yang terpenting adalah ketika kita melakukan pengeditan, pertama adalah meetapkan tujuan kita melakukan editing.

8. RENTAL LCD

Pertamanya tuh saya belum ngerti gitu dech tentang Rental LCD , maksudnya gman ya ini.. tapi setelah dapat pengarahan dari Mas Raka saya jadi paham, intina ya meminjam LCD.

Pas suatu hari kemarin2 posisi nya di kantor cuma ada saya and teman saya yaitu Rois, uhh ampun deh, tiba2 ada pelanggan yang mau pinjam LCD , saya bingung mau tanya apa ya? So’ saya kan blum pengalaman gitu jadi masih kaku. Hehe Terus saya senyum2, dan bertanya dengan pelanggan itu. Dan akhirnya bisa juga ya.. Menanyakan nama.nya, terus juga saya ingat yang di bilangin sama Mas Raka kalau ada yg pinjam LCD jangan lupa di catat di buku kwintasi terus juga harus meninggalkan kartu identitas. Setelah itu saya mengerti dan memahaminya.

Mon, 22 Jul 2013 @09:32


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+7+1

poser
Kategori
Komentar Terbaru
professional foto & video

professional foto & video documentationjasa pembuatan company profile customer servicebeli indonesiaRental Multimediapersewaan sound systemdokumentasi foto + videoRental LCD proyektorPembuatan company profileaward winning email : info@studiopelangi.comjasa foto + video wedding

photobooth semarang / jasa photobooth semarang

catatan harian ekonov

like us on facebook


Lihat studiopelangi di peta yang lebih besar

gratis update

Dapatkan PROMO layanan video , Photo , dan Rental Multimedia dari kami GRATIS , isikan dengan email anda :

Page Rank

visitor counter
LINK SUPPORT

ekonovianto

catatan harian ekonov

Copyright © 2017 Studio Pelangi (Foto+Video Shooting Semarang) · All Rights Reserved
powered by sitekno