Penanggulangan Bencana Alam | versi Studio Pelangi (video shooting semarang)

image

Beberapa jam sebelum kejadian banjir bandang di Menado, warga masih terlihat sibuk menyelamatkan barang-barang berharga. Tampaknya warga belum terlalu paham kalau banjir yang terjadi adalah sebuah banjir bandang. Bahkan beberapa orang menyebut ini sebagai “tsunami” kecil, karena datang secara tiba-tiba dan pulang tak diantar.

Semua ini biasanya terjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat akan bencana yang akan terjadi. Kita lihat saja apa yang dilakukan kebanyakan masyarakat Aceh sebelum bencana tsunami itu terjadi. Dari berbagai saksi dan video amatir menayangkan begitu banyak dari mereka yang lebih mengutamakan penyelamatan terhadap harta benda yang dimiliki ketimbang berusaha menyelamatkan nyawa yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Selain itu, minimnya pengetahuan tentang bencana alam dan cara menyelamatkan diri merupakan faktor utama banyaknya korban tsunami di kota serambi makkah tersebut.  Hal ini tentunya bisa diatasi dengan beberapa cara:

1.      Membuat Simulasi Terjadinya Bencana Alam.

Dengan adanya simulasi diharapkan masyarakat akan tau bagaimana caranya menyelematkan diri yang benar jika bencana alam terjadi. Hal ini perlu, karena banyak dari masyarakat yang kadang malah melakukan perbuatan penyelamatan yang mengancam jiwa mereka. Bahkan untuk seorang fotografer dan kameramen awam pun perlu adanya simulasi (meskipun diciptakan sendiri) sebagai obyek.

2.      Menciptakan Infrastruktur Yang Memadai

Kita bisa belajar dari negara industri seperti di Jepang. Meskipun di Jepang intensitas terjadinya gempa lebih sering daripada di Indonesia, tapi kerusakan infrastruktur akibat bencana alam yang terjadi sangat minim ketimbang apa yang terjadi di Indonesia.  Misalnya, kerusanakan akibat gempa di Yogyakarta, ada skitar 67.505 unit rumah yang rata dengan tanah. Seandainya saja infrastruktur yang ada sudah memadai, tentulah angka kerusakan dan korban jiwa bisa diminimalkan. Sama halnya dengan Kameramen yang perlu ditunjang dengan kualitas kamera yang baik untuk menghasilkan kualitas video yang baik.

3.      Realisasi Aturan

Kita tidak bisa hanya “meng-kambing hitam”-kan pemerintah saja sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas semua musibah yang terjadi di negara ini. Disatu sisi kita enggan untuk mengalami musibah, tapi disatu sisi kita juga enggan menaati aturan yang berlaku. Satu contoh saja soal aturan pembuangan sampah. Apakah kita harus menunggu datangnya banjir dan menenggelamkan rumah kita baru mulai menyadari bahwa berbahayanya dampak dari semua itu?

4.      Memberi Wawasan Tentang Bencana Alam.

Salah satu hal yang paling krusial adalah tentang pemahaman. Meskipun sifatnya pra-kejadian, tapi ini merupakan hal yang penting. Seperti kata salah satu iklan obat “lebih baik mencegah daripada mengobati” artinya, kita tidak harus menunggu bencana alam memakan banyak korban jiwa, dan beberapa infrastruktur untuk memahami apa yang disebut bencana. Pendidikan yang memadai, akan menambah intelektualitas masyarakat agar betul-betul memahami sifat suatu bencana, dengan begitu masyarakat bisa berlaku bijak ketika bencana alam melanda daerahnya. Ketimbang panik dan tidak bisa mementukan skala prioritas yang harus diselamatkan. Dalam dunia multimedia ketika seorang membutuhkan sebuah LCD proyektor pun perlu adanya sebuah wawasan untuk mengetahui sepesifikasi LCD atau screen yang akan di sewa.

5.      Rental LCD di Studio Pelangi Semarang

Lho? Kenapa mesti rental LCD di Studio Pelangi? Ini sama seperti point sebelumnya yaitu menambah wawasan akan terjadinya suatu bencana alam. Dengan Rental LCD maka akan memberikan kontribusi dalam mensukseskan kegiatan masyarakat yang bersifat edukatif tentang penanggulangan dan wawasan bencan alam.

Note: maaf yang udah baca artikel ini dengan serius ya hehehe... semoga bermanfaat. Salam proyektor!

Tue, 21 Jan 2014 @15:18


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

poser
Kategori
Komentar Terbaru
professional foto & video

professional foto & video documentationjasa pembuatan company profile customer servicebeli indonesiaRental Multimediapersewaan sound systemdokumentasi foto + videoRental LCD proyektorPembuatan company profileaward winning email : info@studiopelangi.comjasa foto + video wedding

photobooth semarang / jasa photobooth semarang

catatan harian ekonov

like us on facebook


Lihat studiopelangi di peta yang lebih besar

visitor counter
LINK SUPPORT
Copyright © 2020 Studio Pelangi (Foto+Video Shooting Semarang) · All Rights Reserved
powered by sitekno