Peluang dan Prospek Bisnis Event Organizer

image

Jasa Event Organizer + Wedding Organizer : HUBUNGI Bpk. Eko Novianto 0856.0003.0803 (m3) /024 -764-844-13 (kantor) atau 0821.3867.4412 (simpati) - wedding - wisuda -seminar - pernikahan - workshop - dll


Jika kita pergi kesuatu tempat semisal mall, tidak jarang kita menjumpai berbagaia acara yang notebene tidak terjadi setiap hari. Katakanlah semisal pameran barang elektronik, pamean busana, dan juga pameran otomotif. Dalamm acara itu biasanya ada MC atau pembawa acara, peserta acara, hiburan, dan sebagainya. Selain itu, komposisi desain panggung dalam event itu biasanya terdapat banyak pernak-pernik dan dihiasa sedemikian rupa agar menyatu dengan tema acara itu.

Pada dasarnya, semua persiapan dan perlengkapan itu bertujuan untuk menyedot perhatian khalayak ramai, bisa jadi pengunjung mall yang kebetulan sedang berada disitu dan juga orang dari luar yang memang sudah tau jadwal pengadaan event . Dan jika kita menelisik lebih dalam lagi, ternyata banyak pihak yang terlibat dalam event itu. Dan mereka lah orang hebat itu, karena mampu menyajikan semua susunan acara juga termasuk setting panggung atau tempat. Mereka itu yang disebut Event Oragnizer, perancang acara.

Untuk menjadi EO memang tidak mudah. Salah satunya adalah memiliki ide brilian, dan juga dapat melakukan aksi sebaik mungkin karena dalam hal ini, kemampuan olah fikir adalah hal pemicu datangnya kretavitas. Namun apabila anda dapat menguasai semua hal yang dibutuhkan oleh seorang EO, maka peluang usaha Event Organizer ini bisa menjadi mesin pencetak uang bagi anda. Sebab, proyek pembuatan acara-acara semacam tadi membutuhkan biaya yang besar, berkisar puluhan sampai miliaran rupiah.

Peluang usaha EO di mall sangat besar karena hal ini berkaitan dengan keramaian atau sasaran pengunjung dan iklan yang didapat oleh kedua belah pihak. Sebab bagi pengelola mall, tempat mall yang sepi merupakan mimpi buruk. Maka itulah mereka mengupayakan banyak cara agar pusat perbelanjaan mereka selalu ramai. Ini memberi peluang bagi penyelanggara bazar dan pameran untuk ikut berperan penting dalam bidikan tersebut.

Pengelola mall tidak bekerja sendiri. Mereka menggunakan jasa EO yang memang sudah biasa menggelar acara-acara dia mall-mall. Eo biasanya juga sudah memiliki konsep acara yang lebih matang. Karena itulah EO lebih banyak dipilih berdasarkan hal yang demikian itu. Terlebih lagi, EO yang matang adalah yang memiliki standarnya masing-masing. Pada prinsipnya, Event Organizer mengelola sumber daya manusia untuk membuat sebuah acara. Peluang Event Organizer ini juga sangat luas tidak hanya berlaku di mall, karena Event Organizer sanggup menangani acara mulai dari ulang tahun, wedding party, seminar, outbound training, promo perusahaan, launching produk, penyelenggaraan olahraga, bahkan konser musik mancanegara, dan juga sebagainya.

Event Organizer biasa disebut sebagai promotor yang bertanggung jawab penuh terhadap acara, mencari, hingga pelaksanaanya. Eevent Organizer jenis itu berisiko besar dibanding dengan Event Organizer yang bekerja by demand, seperti promotor olahraga, konser musik, dan lainnya. Namun, Event Organizer musik penuh ketidakpastian, pasalnya resiko Eo musik yang paling utama adalah kondisi politik dan keamanan. Meskipun acara sudah tersusun rapi, semua peralatan pendukung sudah siap, tiket ludes terjual, fee artis sudah dibayar penuh, tapi tiba-tiba seminggu sebelum acara teerjadilah peristiwa yang tidak terduga, misalnya saja teroris meledakkan bom, tentu ini menjadi masalah tersendiri.

Biasanya jika negara asal si artis itu mengeluarkan travel warning berkaitan dnegan ledakan bom tadi, ia akan membatalkan konsernya. Sebab, kalau sudah keluar peringatan maka tidak ada lagi asuransi yang berani mengcover perjalanan konsernya. Selain itu, masalah lain lagi aalah resiko tiket yang tidak laku dijual. Misalnya saja seminggu sebelum acara digelar, tiket yang terjual kurang dari 20%. Untuk membatalkan konser, jelas tidak mungkin karena acara ini melibatkan banyak orang dan pihak. Terlebih adalah sponsornya. Inilah resiko Event Oraganizer musik, meskipun sudah ketahuan bakal rugi tapi tetap harus jalan. Beda halnya dengan Event Organizer yang menyelenggarakan acara seminar. Kalau pengunjungnya dirasa belum mencapai target, acara masih bisa diundur.

 

Namun, sebenaranya semua hal pun sudah memiliki resiko baik buruknya sendiri. Itulah mengapa peran pemikiran Event Organizer sangat diperlukan diawal perancangan. Karena sudah memiliki prediksi yang akurat tentang baik buruknya dalam pengadaan event yang akan diselenggarakannya.

Sat, 20 Sep 2014 @12:09


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+0+1

poser
Kategori
Komentar Terbaru
professional foto & video

professional foto & video documentationjasa pembuatan company profile customer servicebeli indonesiaRental Multimediapersewaan sound systemdokumentasi foto + videoRental LCD proyektorPembuatan company profileaward winning email : info@studiopelangi.comjasa foto + video wedding

photobooth semarang / jasa photobooth semarang

catatan harian ekonov

like us on facebook


Lihat studiopelangi di peta yang lebih besar

gratis update

Dapatkan PROMO layanan video , Photo , dan Rental Multimedia dari kami GRATIS , isikan dengan email anda :

Page Rank

visitor counter
LINK SUPPORT

ekonovianto

catatan harian ekonov

Copyright © 2017 Studio Pelangi (Foto+Video Shooting Semarang) · All Rights Reserved
powered by sitekno