Inilah Syarat-Syarat Untuk Jadi Seorang Event Organizer (EO)

image

Jasa Event Organizer + Wedding Organizer : HUBUNGI Bpk. Eko Novianto 0856.0003.0803 (m3) /024 -764-844-13 (kantor) atau 0821.3867.4412 (simpati) - wedding - wisuda -seminar - pernikahan - workshop - dll


Dalam dunia event organizer, adalah hal wajar apabila kontak dan berinteraksi dengan khalayak ramai. Karena apabila anda seorang EO, maka jalan ini harus anda tempuh setiap waktunya. Berinteraksi pun harus memiliki pengetahuannya, karena dalam beretika anda harus mengerti keperluan dan kemauan dari calon konsumen anda itu. Maka, adanya syarat-syarat untuk menjadi seorang Event Organizer pun adalah dasar pokok untuk membangun dan membentuk itu semua.

1.       Memiliki Empati

Event Organizer memiliki empati tidak hanya kepada calon konsumen, namun terhadap semua orang juga. Misalnya saja anda berhasil mendapatkan job untuk menangani pada pesta pernikahan, maka  sebagai seorang Event Organizer yang profesional anda berkewajiban untuk memiliki rasa empati pula terhadap semua orang yang hadir disitu. Karena, ternyata hal itu sangat berpengaruh terhadap kehidupan Event Organizer anda. Dan hal itu juga berpengaruh terhadap konsumen anda. Bayangkan jika EO nya saja bertindak sesuka hati dand berfikiran yang penting acara berlangsung dan beres. Seorang Event Organizer yang memiliki pendirian tersebut biasanya usaha Event Organizernya tidak mampu bertahan lama.

Karenanya ia harus memahami kebutuhan berbagai pihak dengan baik, terutama konsumen langsungnya dan pihak keluarga. Sebab, prinsip kerja jasa adalah memberikan pelayanan terhadap orang lain. Tanpa berempati, pelayanan yang diberikan tak akan menyentuh kebutuhan sebebnaranya dari sebuah event.

2.       Terorganisasi

Event Organizer perlu mengorganisasikan berbagai hal dalam suatu event. Agar semua berjalan dengan sempurna, dibutuhkan orang yang teratur, tidak pelupa, dan tentunya memiliki karakter terorganisasi. Namun, dalam hal sifat tadi bisa dipelajari dan dibentuk. Pelajaran adalah hal terdepan, karena jika anda memiliki banyak pengalaman apalagi pengalaman melakukan kesalahan maka disitulah letak pelajaran bagi anda terlebih untuk menjadi Event Organizer agar bisa mengorganisasikan event dari pengalaman kesalahan yang ingin anda hindari.

3.       Bijaksana

Event Organizer perlu objektif dalam melihat masalah atau konflik yang terjadi di pihak klien teruta,a dalam menentukan acara dan mempersiapkannya. Anda harus mampu memberi saran, solusi, dan pendapat yang kuat. Karena pada sebagian pihak konsumen, ada yang belum tahu betul konsep acara dan bahkan mungkin itu adalah acara pertamanya. Maka, kebijaksanaan dalam memberi solusi adalah hal yang harus matang dan anda sendiri mampu untuk mempertanggung jawabkan argumen tersebut dengan pertimbangan dari sisi kebijakan itu tadi.

4.       Mampu Bekerja Sama

Event Organizer tidak mungkin bekerja sendirian, minimal saja dia harus bekerja dengan vendor atau penyedia alat. Terkecuali apabila Event Oragnizer itu sudah sangat besar yang mampu menyediakan seluruh peralatan event sendiri.Namun, apabila event organizer itu hanya menyediakan jasa konsultasi event dan perancangnya, maka hubungan dengan vendor ini adalah hal yang minimal. Lalu untuk urusan lapangan, Event Organizer biasanya berkerja secara tim yang terlibat dalam keberlangsungan acara. Dan hal yang paling dasar juga terletak kepada hubungan dengan keluarga klien.

5.       Memiliki Kemampuan Dasar

Dalam dunia wirausaha, ide-ide segar hampir selalu menjadi kebutuhan mutlak. Ia menjadi prasyarat langgengnya suatu usaha dan lamanya bertahan dalam dunia bisnis. Dalam beberapa kasus, ide-ide itu haruslah dituangkan dalam bentuk ciri khas. Yang menjadikan usaha itu dilirik, diminati, atau setidaknya membuat penasaran bagi mereka yang memang belum mengenal. Untuk dunia Event Organizer sendiri yaitu pemberian pelayanan, ide dan kreatifitas adalah hal mutlak. Karena pada setiap event, anda harus menyumbang pemikiran dalam keberlangsungan dan kemeriahan acara itu. Usahakan anda memiliki ide segar walaupun dalam acara yang sama. Jangan sampai acara yang anda gelar, temanya, setting panggung dan sebagianya sama terus menerus. Walaupun anda juga harus memiliki dasar pengelolaan acara, tapi jangan sampai dasar itu mengurung ide anda untuk berkembang. Kemaslah acara itu sebaik mungkin dengan konsep yang menarik setiap eventnya. Hingga pada akhirnya anda memiliki nilai ciri khas tersendiri, sengaja ataupun tidak sengaja.

 

 

Thu, 25 Sep 2014 @13:57


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+4+5

poser
Kategori
Komentar Terbaru
professional foto & video

professional foto & video documentationjasa pembuatan company profile customer servicebeli indonesiaRental Multimediapersewaan sound systemdokumentasi foto + videoRental LCD proyektorPembuatan company profileaward winning email : info@studiopelangi.comjasa foto + video wedding

photobooth semarang / jasa photobooth semarang

catatan harian ekonov

like us on facebook


Lihat studiopelangi di peta yang lebih besar

gratis update

Dapatkan PROMO layanan video , Photo , dan Rental Multimedia dari kami GRATIS , isikan dengan email anda :

Page Rank

visitor counter
LINK SUPPORT

ekonovianto

catatan harian ekonov

Copyright © 2017 Studio Pelangi (Foto+Video Shooting Semarang) · All Rights Reserved
powered by sitekno