Penggalangan Relasi Bisnis dalam Event Organizer

image

Jasa Wedding Organizer + Event Organizer : HUBUNGI Bpk. Eko Novianto 0856.0003.0803 (m3) /024 -764-844-13 (kantor) atau 0821.3867.4412 (simpati) - wedding - wisuda -seminar - pernikahan - workshop - dll


Dukungan relasi bisnis, baik klien ataupun sponsor, merupakan kunci dari sukses atau tidaknya acarayang kita selenggarakan. Sebelum memutuskan terjun ke dunia bisnis EO, kita harus melihat kembali kuat atau tidaknya jaringan bisnis kita. Sebab, merekalah yang nantinya akan membeli atau membiayai ide-ide kreatif kita. Apabila kita tidak memiliki jaringan bisnis, sebenarnya bukan menjadi masalah besar. Tentunya dengan membangun kepercayaan terhadap EO kita, jaringan bisnis itu akan terbentuk dengan sendirinya. Tapi, perlu diingat bahwa EO kita tidak akan berkembang secepat apabila kita telah memiliki jaringan bisnis sebelumnya.

Pentingnya Peran Komunitas dan Relasi

                Peran kumunitas sering kali kurang diketahui menfaatnya, terutama oleh EO pemula. Apalagi, tarif kjeikutsertaanya selalu menelan harga ratusan hingga jutaan rupiah. Tentu saja, hal itu terlalu memberatkan bagi pebisnis pemula. Akhirnya, mereka lebih memilih bergerak sendiri dengan keterbatasan SDM yang mereka miliki, dengan asumsi bahwa seiring suksesnya even-even yang diselenggarakan, komunitas dan jaringan akan mengikuti dengan sendirinya; toh kalaupun ada rintanga, itu bisa menjadi pengalaman berharga dan bekal evaluasi untuk acara-acara ke depan.

                Menjadi bagian dari komunitas bisnis akan sangat membantu dalam pengerahan massa, menggalang dana, serta mengurus sarana dan prasarana. Dengan bergabung dengan komunitas bisnis EO kita akan berkembang secara cepat.

                Sebuah bisnis diyakini akan lebih mudah berkembang bila memiliki relasi yang kuat. Terutama bisnis di sektor EO, mulai dari event pernikahan, musik, hiburan atau bahkan even pribadi juga sering menggunakan jasa EO. Oleh karena itu menggalang relasi bisnis menjadi salah satu modal agar usaha EO anda sukses.

                Makanya di EO, ada bagian yang bernama public relation yang bertugas menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak, terutama para sponsor yang akan menjadi mitra bisnis anda.

Pekerjaan public relation yang bisa membuka jaringan bisnis EO:

1.       Media Relation

Berhubungan dengan kerja sama dengan para wartawan dan insan pers. Contohnya mengadakan konfrensi pers, menyampaikan berita tentang perusahaan, maupun mengadakan siaran pers dan pers release.

2.       Public Affairs dan community Relation

Berkenaan dengan pemerintah dan masyarakat umum tempat perusahaan berada. Contohnya mengadakan lobi atau negosisasi dengan pejabat pemertintahan, mengadakan acara penyerahan penghargaan, kegiatan amal atau penyerahan beasiswa pelajar.

3.       Employee Relation

Berkaitan dengan pengadaabn program-program yang dapat membangkitkan kesadaran karyawan terhadap kegiatan perusahaan. Contohnya pengadaan buletin, newsletter, menyelenggarakan acara family day, rekreasi karyawan atau piknik bersama.

4.       Financial Relation

Ini berhubungan dengan para investor dan pemegang saham. Sebagai contoh yaitu rapat umum pemegang saham (RUPS) dan menyusun buku laporan tahunan.

 

5.       Crisis Management

Mengelola komunikasi saat terjadi krisis atau bencana yang menimpa perusahaan. Contoh: peristiwa ledakan saluran gas di salah satu gedung perkantoran, pencemaran pantai akibat tumpahan minyak bumi dan lain sebagainya

                Selain cara tersebut, ada pula Web Komunitas Event Organizer, yang akan mempermudah dalam mencari relasi yang memiliki visi di bidang yang sama. Dan juga akan menemukan banyak orang yang berkecimpung di dalam bisnis ini pula. Bahkan, bisa juga bekerja sama dengan kompetitor di kala enc\ven yang anda handle di luar kapasitas team EO anda. Keuntungan yang lain adalah sharing ide dan solusi atas kendala yang sering terjadi dalam bisnis ini.

                Salah satu web komunitas EO yang terkenal  yang anda bisa masuki adalah EOCOmmunity. Selain membantu anda dalam mencari relasi, promosi, atau sebagai sarana komunikasi untuk para pelaku even, juga merancang dan mengatur suatu acara yang berhubungan dengan pembinaan SDM, kekerabatan, dan reuni, pernikahan, pagelaran musik, pesta atau acara komunitas, seminar, konfrensi pers, dan kegiatan lainnya.

 Bagaimana dengan WO?

  Pada dasaranya WO juga membutuhkan relasi bisnis untuk mengembangkan usaha. Meskipun demikian, tidak serumit yang dilakukan oleh EO, karena WO tidak membutuhkan sponsor untuk membiayainya. WO hanya bertugas menyelenggarakan pesta sesuai permintaan. Namun WO tetap membutuhkan relasi bisnis ini misalnya kerja sama dengan pihak sound system, kursi, katering, undangan dan sebagainya. Artinya relasi bisnis yang dibangun dalam bisnis WO praktis hanya seputar kerja sama dalam kebutuhan penyelenggara acara.

Mon, 20 Oct 2014 @10:21


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 6+0+9

poser
Kategori
Komentar Terbaru
  • roni
    Kalok di daerah boja gmna...
  • roni
    Kalok di boja di daerah m...
  • Aang Enuh
    Di STUDIO PELANGI menerim...
  • Putri
    Boleh minta PL nya kak?...
  • Putri
    Boleh minta PL nya kak?...
professional foto & video

professional foto & video documentationjasa pembuatan company profile customer servicebeli indonesiaRental Multimediapersewaan sound systemdokumentasi foto + videoRental LCD proyektorPembuatan company profileaward winning email : info@studiopelangi.comjasa foto + video wedding

photobooth semarang / jasa photobooth semarang

catatan harian ekonov

like us on facebook


Lihat studiopelangi di peta yang lebih besar

gratis update

Dapatkan PROMO layanan video , Photo , dan Rental Multimedia dari kami GRATIS , isikan dengan email anda :

Page Rank

visitor counter
LINK SUPPORT

ekonovianto

catatan harian ekonov

Copyright © 2017 Studio Pelangi (Foto+Video Shooting Semarang) · All Rights Reserved
powered by sitekno