Kamera Mirrorless vs DSLR

image

Jasa Foto dan Video Shooting : HUBUNGI Bpk. Eko Novianto  0856.0003.0803 (im3) /024 -764-844-13 (kantor) atau 0821.3867.4412 (simpati) - wedding - wisuda -seminar - pernikahan - workshop - dll


Masih banyak yang belum mengerti tentang kamera mirrorless ini, sebenarnya kamera mirroless ini sebagai jalan tengah antara DSLR yang memiliki 'Full manual' dan Kamera saku atau kamera digital yang mudah dibawa dan mudah mengoperasikannya. Disebut-sebut sebagai jalan tengah karena memiliki banyak kelebihan.

Kamera mirrorless alias Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC). Jawaban singkat dari pertanyaan “Apa sih Kamera Mirrorless?” adalah kamera yang mirip DSLR namun tidak memakai cermin. Nah untuk jawaban panjang, silahkan baca lebih lanjut.

kamera mirrorless memiliki karakteristik berikut :

  • Ukuran relatif lebih kecil dan ringkas serta enak dibawa
  • Jauh lebih ringan
  • Kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik dari kamera Saku
  • Memiliki ukuran sensor yang setara dengan DSLR kelas menengah
  • Memiliki opsi pengganti lensa
  • Harganya tidak semahal kamera DSLR

Nah, setelah kita tahu apa itu kamera mirrorless. Mari kita banding kan dengan kamera DSLR.

Kamera

Perbedaan Mirrorless dengan DSLR

Pada kamera DSLR akan membutuhkan cermin (mirror) untuk memunculkan gambar pada viewfinder. Nah, untuk kata mirrorless ini diambil karena cermin yang ada di DSLR dibuang. Dengan begitu, maka akan menghemat tempat dan juga bobot yang ringan, dan yang pastinya akan menghemat harga. Sebagai pengganti cermin, di dalam kamera mirrorless menggunakan sistem viewfinder elektronis (EVF - Electronic ViewFinder). Tetapi untuk kamera mirrorless merek Leica dan Fujifilm masih teteap menggunakan viewfinder optik. Didalm kamera mirrorless ini menggunakan sensor yang sama dengan yang digunakan oleh DSLR. Hal ini memungkinkan kamera mirrorless memiliki kualitas yang tidak jauh beda dengan kamera DSLR.

Kamera Samsung

Kelebihan Kamera Mirrorless dibanding DSLR

  • Portabilitas yang tinggi, biasanya untuk membawa satu set sistem kamera DSLR akan berbobot 5 kg. Namun dengan mirrorless bisa dibawa dengan hanya berbobot 3 kg.
  • memotret street photography dan human interest jauh lebih leluasa secara candid.
  • Sistem mirrorless mengandalkan live view dan jendela bidik elektronik. jadi, kita dapat melihat objek yangh akan kita bidik seudah terekam fokus atau belum. Berbeda dengan DSLR yang bidikan dengan hasil kadang berbeda.
  • Adaptabilitas mirrorless tinggi, karena kita dapat menggunakan lensa yang sudah lama ataupun lensa yang tida semerek dengan adaptornya.
  • Dan juga untuk manual fokus sedikit lebih canggih ketimbang kamera DSLR. Karena objek yang difokuskan bisa objek yang berada di tepi frame. jika menggunakan kamera DSLR biasanya fokus hanya akan mengumpul ditengah.

Kelebihan DSLR dibanding Kamera Mirrorless

  • DSLR mempunyai jendela bidik yang lebih efektif (jernih, tidak silau, dan tidak menghabiskan daya baterai) saat mengambil objek di kondisi yang cukup cahaya maupun yang kurang cahaya.
  • Bodi atau pegangan yang lebih besar dan lebih nyaman saat dioperasikan. terutama saat menggunakan lensa telefoto zoom. Meskipun kamera mirrorless saat ini menyediakan berbagai aksesoris untuk kenyamanan pengguna.
  • Tombol pada kamera DSLR berukuran yang besar sehinggah mudah untuk ditemukan dan ditekan.
  • Kapasitas baterai yang mumpuni untuk seharian hunting foto. Tidak seperti kamera mirrorless yang membutuhkan 2-3 baterai untuk hunting foto selama seharian.
  • Berat kamera DSLR dapat difungsikan sebagai 'anti goyang' saat di letakkan pada tripod.

Jadi, saat artikel ini ditulis (17 november 2014) , menurut Kami DSLR dan mirrorless ini saling melengkapi. Tidak ada yang lebih baik ataupun yang lebih buruk.tetapi menurut kami, mirrorless ini masih akan dikembangkan dikemudian hari. jadi kelebihan-kelebihan diatas akan terus berubah dan bertambah dikemudian hari. Semoga akan ada kamera yang berkualitas tinggi namun berharga murah hehe. aminn

 

Kami juga meneyediakan jasa foto untuk segala acara anda, baik formal maupun casual. selain foto kami juga melayani jasa video shooting dan bermacam dokumentasi. Sampai jumpa di artikel berikutnya

Contoh Hasilnya :

Jasa Foto Semarang

Mirrorless

Mon, 17 Nov 2014 @11:51


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+9+9

poser
Kategori
Komentar Terbaru
  • roni
    Kalok di daerah boja gmna...
  • roni
    Kalok di boja di daerah m...
  • Aang Enuh
    Di STUDIO PELANGI menerim...
  • Putri
    Boleh minta PL nya kak?...
  • Putri
    Boleh minta PL nya kak?...
professional foto & video

professional foto & video documentationjasa pembuatan company profile customer servicebeli indonesiaRental Multimediapersewaan sound systemdokumentasi foto + videoRental LCD proyektorPembuatan company profileaward winning email : info@studiopelangi.comjasa foto + video wedding

photobooth semarang / jasa photobooth semarang

catatan harian ekonov

like us on facebook


Lihat studiopelangi di peta yang lebih besar

gratis update

Dapatkan PROMO layanan video , Photo , dan Rental Multimedia dari kami GRATIS , isikan dengan email anda :

Page Rank

visitor counter
LINK SUPPORT

ekonovianto

catatan harian ekonov

Copyright © 2017 Studio Pelangi (Foto+Video Shooting Semarang) · All Rights Reserved
powered by sitekno