catatan magang studiopelangi ~video shooting semarang by Farhal Fuadi

image

Pengalamanku dimulai pada 12 Januari 2015, pada saat itu saya terjun langsung Industri Multimedia STUDIO PELANGI.

Dan disitu saya bertemu dengan Bp.Eko Novianto selaku pemilik perusahaan, dan para staf disitu yaitu Mas Aan, Mas Taki, Mas DQ, mereka yang akan membimbing saya pada kegiatan Prakerin yang saya jalani. Hari kedua disana saya diberi pengetahuan tentang cara mengedit video dan membuat iklan produk. Dan saya diberi tugas untuk membuat iklan produk Multimedia yang akan di Share di Youtube. Dan pada hari-hari berikutnya saya terus diberi tugas untuk membuat iklan produk tersebut. Dan pada tanggal 21 Jan 2015 saya diajak untuk melakukan suatu job shooting di suatu hotel ternama di Semarang yaitu Hotel Gumaya.

magang smk multimedia

Dan pada hari itu juga menjadi pengalaman saya pertama kalinya di Hotel ternama tersebut. Di Hotel tersebut memiliki beberapa aturan yaitu saat mengambil gambar diluar harus izin dulu pada staf Hotel. Dan pada saat itu juga staf hotel langsung menyuruh saya dan karyawan  STUDIO PELANGI yaitu Mas Taki untuk pergi ke pos satpam yang ada pada belakang hotel untuk mendapatkan plakat kecil semacam tanda pengenal di hotel Gumaya tersebut. Setelah proses selesai Mas Taki pun mengambil gambar Hotel Gumaya dari depan Hotel Gumaya tersebut. 

Setelah selesai mengambil gambar diluar kami melanjutkan keatas untuk mempersiapkan proses shooting yang akan dilaksanakan pada malam harinya. Setelah menunggu beberapap jam kami masuk pada acara yang telah ditunggu-tunggu tersebut. Dan disitu kami para staf STUDIO PELANGI melakukan proses shooting dan kami juga para peserta Prakerin. Dan disitu saya melakukan proses shooting, dengan memegang kamera stay yang ada ditengah acara. Setelah lama waktu berlalu acara pun selesai pada waktu 23.00 WIB dan kami diberi bekal oleh yang memiliki acara tersebut.

 

magang smk multimedia

Dan saya pun sesampainya dirumah pukul 00.30 WIB. Dan setelah acara itu kami melanjutkan kegiatan seperti biasa yaitu didalam kantor untuk mengedit video dan membuat iklan produk yang nantinya akan diupload ke Youtube. Dan hari-hari telah berlalu dan kami pun mendapatkan job diHotel Gumaya lagi dan acaranya yaitu MUSDA GAPEKSINDO.

Dan disitu kami tidak menemukan problem pada saat masuk ke Hotel Gumaya tersebut. Dan serunya waktu di Hotel Gumaya yaitu Wi-Fi yang Super Dupper kecepatannya, dan kami pun para staf STUDIO PELANGI dan Peserta memanfaatkan Wi-Fi Super cepat itu dengan mendownload film-film yang kami sukai dan ternyata tidak terduga-duga, hasil download yang super cepat dan hanya memperlukan waktu sekitar 3-4 menit untuk mendownload film yang berdurasi sekitar 1 jam, atau 2 jam. Kami memanfaatkan Wi-Fi Hotel Gumaya dengan waktu yang lama selagi tim Vendor STUDIO PELANGI memasang LED Screen yang nantinya digunakan pada waktu acara berlangsung. Dan setelah waktu berlalu acara pun dimulai  sekitar antara pukul 18.00-19.00 WIB, dan acara pun dimulai dan saya berada ditengah untuk memback up Mas Aan yang sedang melakukan shooting dengan kamera stay.

siswa magang smk multimedia

Dan sesekali saya juga memindahkan arah pandang Lighting agar yang didepan tidak silau jika melihat cahaya Lighting. Dan acara pun selesai, setelah keesokan harinya kami pun ke Hotel Gumaya lagi untuk melakukan shooting dengan acara yang sama. Dan ada kejadian yang membuat kami para staf dan peserta prakerin tertawa yaitu ketika kita ingin menaiki lift, disitu juga ada para resepsonis atau apa saya kurang tahu yang bertanya kepada kami “ada yang bisa kami bantu?” dan salah satu dari kami menjawab yaitu mas DQ, dia menjawab dengan gugup dan berkata ingin kelantai 2, padahal kami ingin kelantai 6 untuk sholat, dan itu membuat kami tertawa dan tidak berhenti-berhenti :D.

Setelah itu kami pun kembali turun kelantai 2 untuk melakukan pekerjaan kami yaitu shooting acara MUSDA GAPEKSINDO. Dan acara pun selesai, dan kami semua bersiap-siap untuk pulang. Setelah itu kami kembali ke hari-hari seperti biasa dikantor untuk melakukan kegiatan editing video maupun memubuat iklan produk. Dan jika saya tidak sedang mengedit video atau membuat iklannya sudah selesai saya diajak oleh Mas DQ untuk keluar mengantar sesuatu yang ingin disewa oleh konsumen ataupun mengantar hasil editing dan juga mencetak foto magazine disemarang.

siswa magang smk multimedia

Dan mungkin ini kejadian yang mungkin tidak akan pernah saya lupakan yaitu dompet yang jatuh, dompet saya jatuh ketika saya dan Mas DQ berkendara menggunakan sepeda motor dan itu kita sedang mengantar LCD Proyektor kesuatu tempat dan saya lupa nama tempatnya, sesampainya ditempat kami mengantar LCD Proyektor, saya dikejutkan dengan hilangnya dompet saya yang tidak ada disaku belakang saya dan saya pun sangat kebingungan dan panik pada waktu itu, dan sembari berharap dompet yang mungkin jatuh bisa ditemukan dan ternyata dompet benar-benar hilang dan dugaan saya, dompet itu jatuh disuatu tempat dan saya hanya pasrah pada waktu itu.

Dan beberapa minggu kemudian isi dompet saya kembali lewat pak pos dan ada yang tidak kembali yaitu dompet dan uang. Setelah kejadian itu saya menjadi mawas diri. Saya juga diperkenalkan Mas DQ oleh seseorang fotorafer yang bernama Mas Anton.

Beliau sangat saya kagumi karena beliau kenyang pengalaman, dan itu membuat saya ingin selalu bertanya kepada beliau tentang kegiatan shooting yang saya belum ketahui. Dan selain itu waktu saya dan Mas DQ keluar untuk mengantar suatu produk multimedia di daerah Semarang, dan produk multimedia tersebut dikasihkan dan kita disuruh menjaga produk multimedia milik STUDIO PELANGI, dan Mas DQ pun mengajak saya kesuatu mall didaerah Semarang yaitu Citra Land, saya ditunjukkan oleh Mas DQ beberapa bagian diCitra Land, yatu Bioskop, tempat untuk nongkrong tempat membeli baju dsb. Dan sewaktu diCitra Land saya dengan Mas DQ jalan-jalan dan melihat hal-hal disekitar saya dan Mas DQ dan kami pun duduk disuatu tempat untuk nongkrong dan didepan kami ternyata terdapat toko menjual berbagai jenis laptop dan disitu juga terdapat siswa Prakerin yang sedang bekerja.

Selain itu juga saya pernah diajak Mas DQ untuk mencetak foto menjadi album foto yaitu MAGAZINE. Dan toko tersebut bernama “TERANG”. Selain mengantar produk multimedia dan diajak untuk menemani Mas DQ mencetak foto, saya juga diajak untuk menemani Mas DQ mengantar hasil editan dengan bentuk DVD yang diantarkan kekonsumen. Dan salah satunya mengantar hasil DVD ke rumah Maria Valeska.

siswa magang smk multimedia

Dan sesampainya disana saya tidak disapa oleh manusia, kami berdua kaget melihat dua anjing yang menggonnggong, dan berlari kearah kami dan untungnya ada pagar yang membatasi kami dengan anjing galak tersebut. Setelah bebrapa menit ada pembantu Maria Valeska yang keluar untuk menemui kami dan ternyata yang punya rumah sedang tidak ada, dan setelah 1 hari kemudian kami ke rumah Maria Valeska lagi dan masih ada anjing yang menggonggong terus menerus kearah kami dan Ayah dari Maria Valeska pun datang menemui kami dan bertransaksi dengan Mas DQ tentang harga, setelah itu kami pergi dan terus anjing itu tidak berhenti menggonggong kearah kami.

Dan setelah berhari-hari saya pun diajak Mas Aan untuk melaukan shooting disebuah acara ulang tahun anak berusia 1 tahun yang bernama Jin HO, saya diajak untuk memback up Mas Aan dan saya pun diajak kerumah Jin HO untuk keperluan keuangan yang harus diselesaikan dan setelah setibanya acara kami pun pergi keacara tersebut yang bertempat di Hotel Grand Candi, dan kami pun tidak berdua, kami kedatangan Mas Raka yang ternyata membawa kamera SLR untuk keperluan shooting yang diinginkan oleh konsumen.

Dan sebelum itu saya disuruh Mas Aan untuk mengambil gambar diluar gedung untuk keperluan editing, dan setelah itu kami sampai diruangan tempat acara berlangsung, dan ternyata yang mempunyai acara tersebut orang asli Korea yang jika bicara pun berbahasa Korea yang membuat kami bingung. Dan ada bebrapa kejadian, salah satunya ketika Mas Aan ingin meminta Rondon acara, Mas Aan kembali dan tertawa ternyata ketika Mas Aan melihat ternyata Rondon acaranya berbahasa Korea dan Mas Aan terkejut dan tertawa, saya dan juga Mas Raka pun ikut tertawa tentang kejadian tersebut, yang kedua adalah kejadian yang saya alami dan tidak ada orang yang tahu selain saya dan Ibu dari Jin HO, kejadiannya yaitu saya dikira karyawan hotel dan saya pun disuruh oleh Ibu Jin HO untuk membersihkan beberapa kursi yang kotor dan saya pun hanya bengong dan mengangguk dengan muka penuh kebingungan :D. “kacau”.

Mungkin itu salah satu pengalamnan yang mungkin tidak akan pernah saya lupakan juga, (disuruh bersih bersih kursi-_-). Dan setelah saya mengambil beberapa gambar secara cut to cut untuk bahan edit acara pun dimulai, dan para host pun memulai acara dengan menggunakan bahasa Korea yang membuat saya, Mas Aan, dan Mas Raka bingung dan membuat kami hanya bisa tertawa mendengarkan logat mereka(orang Korea) yang mungkin asing bagi kami bertiga.

siswa magang multimedia

Dan ditengah acara saya diberi cerita oleh Mas Raka, ketika Mas Raka sedang mengambil beberapa angle, ada orang kecil yang berkata “Indonesia,Indonesia ??”,dan Mas Raka menjawab “Yes”, dan Mas Raka berkata kepada saya dan Mas Aan “Aku ki wong jowo kok, indonesia opo,hahahaha” dan kami pun tertawa ditengah acara berlangsung. Dan setelah beberapa jam kemudian acara pun selesai dan kami memberesi peralatan shooting yang digunakan pada saat shooting, dan kami pun pulang pada malam hari.

Dan acara itu menjadi acara terakhir buat saya, karena tidak ada acara lagi sesudah itu, dan saya pun disuruh mengedit beberapa video tur oleh Mas Aan dari Katulistiwa dan Centra Tour, dan ternyata mengedit tur itu agak mudah walaupun sebelumnya harus bertanya soal tata cara mengedit video tur, dan saya pun juga disuruh membuat covernya sendiri oleh Mas Aan.

Dan itu menjadi salah satu karya saya yang membuat saya bangga karena hasil editan saya dikasihkan ke Katulistiwa maupun Centra Tour. Dan hanya itu saja, mungkin masih ada banyak pengalaman saya sewaktu Prakerin, tetapi ada beberapa yang lupa, dan tidak saya tuliskan di artikel ini.

Terima Kasih banyak untuk para staf STUDIO PELANGI yang telah membimbing saya selaku peserta Prakerin, dan tidak lupa ucapan Maaf yang sebesar-besarnya, jika ada ucapan maupun perilaku dari saya yang sekiranya tidak pantas dihati para staf STUDIO PELANGI. 

Oleh : FARHAL FUADI

siswa magang smk multimedia


Mon, 20 Apr 2015 @06:23


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 6+3+2

poser
Kategori
Komentar Terbaru
professional foto & video

professional foto & video documentationjasa pembuatan company profile customer servicebeli indonesiaRental Multimediapersewaan sound systemdokumentasi foto + videoRental LCD proyektorPembuatan company profileaward winning email : info@studiopelangi.comjasa foto + video wedding

photobooth semarang / jasa photobooth semarang

catatan harian ekonov

like us on facebook


Lihat studiopelangi di peta yang lebih besar

gratis update

Dapatkan PROMO layanan video , Photo , dan Rental Multimedia dari kami GRATIS , isikan dengan email anda :

Page Rank

visitor counter
LINK SUPPORT

ekonovianto

catatan harian ekonov

Copyright © 2017 Studio Pelangi (Foto+Video Shooting Semarang) · All Rights Reserved
powered by sitekno